5 Tempat Wisata di Komoro

5 Tempat Wisata di Komoro

5 Tempat Wisata di Komoro

5 Tempat Wisata di Komoro – Komoro (Comoros) merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Hindia yang berbatasan laut dengan Mozambik dan Madagaskar. Negara ini merupakan satu-satunya anggota Liga Arab yang terletak di bumi bagian selatan.

Ada tiga pulau utama negara ini, yaitu Grande Comore, Moheli, dan Anjouan. Ibu kota negara ini, Moroni, terletak di Pulau Grande Comore yang merupakan pulau terbesar.

Walaupun termasuk salah satu negara terkecil Afrika, negara ini mempunyai berbagai objek wisata yang menawan, mulai dari wisata bahari, darat, dan sejarah. Penasaran apa saja objek wisata Komoro.

1. Moheli Marine Park

Moheli Marine Park merupakan kawasan konservasi laut yang terletak Pulau Moheli. Tempat yang berdiri pada tahun 1995 ini merupakan rumah berlindung bagi berbagai spesies ikan langka, penyu hijau, manta rays, dan paus. Terumbu karang juga menjadi fokus konservasi tempat ini sehingga kondisinya terawat.

Kamu bisa berekreasi tempat dengan mencoba scuba-diving dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Selain itu, tempat ini belum banyak pengunjungnya oleh para wisatawan sehingga kamu bisa bebas mengeksplorasi keindahannya.

Kamu bisa ke sini dengan menaiki pesawat atau kapal feri dari berbagai bandara dan pelabuhan yang berada negara ini.

2. Gunung Karthala

Gunung Karthala merupakan salah satu gunung berapi daerah Komoro. Berada Pulau Grande Comore, gunung ini merupakan titik tertinggi Komoro dengan ketinggian 2.361 meter.

Terdapat beberapa kawah yang menjorok ke dalam gunung ini. Walaupun termasuk gunung berapi aktif, kamu tetap bisa hiking tempat ini. Perlu perhatian, lintasan hiking daerah sini sangat menantang dan tidak banyak terdapat jejak pendakian sehingga kamu perlu menyewa pemandu wisata.

Pendakian menuju puncak berlangsung selama tujuh jam sehingga kamu boleh bermalam dengan mendirikan tenda di sini.

3. Old Friday Mosque

Old Friday Mosque merupakan masjid yang terletak Kota Moroni, tepatnya daerah distrik Badjanani. Masjid ini terletak tepi laut yang terdapat beberapa perahu dan sampan yang bersandar. Aspek desain bangunan dan sejarah masjid ini membuatnya penetapan sebagai ikon Komoro. Desain masjid ini kental dengan nuansa arsitektur Arab.

Maka dari itu, Masjid yang pembuatannya pada tahun 1427 ini berfungsi sebagai tempat ibadah, pusat kegiatan Islam, dan objek wisata.

4. Lac Sale

Lac Sale yang berarti “Danau Garam” merupakan danau vulkanik yang terletak dekat tepi pantai. Danau ini terletak sebelah utara Pulau Grande Comore. Airnya yang berwarna kehijauan jamin akan menyejukkan matamu.

Menurut penduduk lokal, danau ini tidak memiliki dasar dan menjadi tempat sakral bagi mereka. Lebih mengerikan lagi, ada dua orang penyelam yang mengeksplorasi danau ini beberapa tahun yang lalu, tetapi tidak pernah kembali ke permukaan.

Namun, jika kamu ingin mengunjungi danau ini, jangan berada terlalu dekat ke danau ya! Kamu bisa memotret pemandangan memukau danau ini dari bukit dekatnya dengan menggunakan drone.

5. Pantai Mitsamiouli

Salah satu dari sepuluh pantai terindah Afrika ada dalam wilayah Komoro, yaitu Pantai Mitsamiouli. Pantai ini terletak sebelah barat laut Pulau Grande Comore. Pasir putih yang indah dan birunya air laut menciptakan panorama yang sangat menawan sehingga kamu akan betah berada sini

Oleh sebab itu, jika suhu pantai terlalu panas bagimu, kamu bisa berlindung dekat pohon palem yang berada sekitaran pantai. Lebih istimewa lagi, tidak ada resort sekitarnya sehingga kamu bisa bebas mengeksplorasi pantai ini.