Cara Membuat Frozen Food

Cara Membuat Frozen Food

Cara Membuat Frozen Food

Cara Membuat Frozen Food, – Hampir kebanyakan masyarakat saat ini menyukai hal yang praktis dan simpel, termasuk urusan makanan. Ya kini banyak kudapan baik lauk pauk maupun camilan beku alias frozen food.

Apalagi di masa pandemik seperti sekarang, frozen food dinilai jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, kamu jadi punya stok makanan yang banyak tanpa harus sering-sering keluar untuk membeli bahan makanan.

Ada beberapa cara dan tips tertentu agar makanan beku buatanmu tetap sehat dan aman dikonsumsi. Yuk, simak cara membuat frozen food dan tipsnya berikut ini!

1. Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas

Sebenarnya membuat frozen food hampir sama seperti membuat makanan biasa pada umumnya. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah kualitas bahan baku makanan yang akan kamu bekukan.

Pastikan selalu menggunakan bahan yang segar dan berkualitas. Bahan yang segar tentu akan membuat frozen food buatanmu lebih awet dan tahan lama. Misalnya jika menggunakan bahan ikan, pastikan ikannya bukan ikan yang sudah lama dibekukan, tapi ikan segar.

Perhatikan pula tanggal kedaluwarsa bahan-bahan tambahan, seperti bumbu-bumbu, tepung, atau telur. Jangan sampai menggunakan bahan yang sudah atau hampir kedaluwarsa ya.

2. Rebus atau masak sebentar

Dikutip dari laman http://utowndc.com, Frozen food yang bagus sebenarnya adalah bahan mentah yang langsung dibekukan. Namun jika mau, kamu bisa memasak sebentar bahan makananmu.

Memasak sebentar makanan akan membuat teksturnya lebih padat dan gak mudah hancur saat dikemas. Kamu juga harus paham mana saja makanan yang sebaiknya digoreng sebentar, mana yang direbus sebentar.

Misalnya, membuat chicken nugget, kamu bisa menggoreng sebentar selama kurang dari satu menit dengan api sedang. Sementara saat membuat sosis, tempura, atau bakso ikan, kamu bisa merebus selama dua menit.

3. Biarkan makanan dingin dalam suhu ruangan sebelum dikemas

Nah, setelah bahan makanan dimasak sebentar, jangan langsung dikemas dan dibekukan, melainkan harus dibiarkan dingin dalam suhu ruangan terlebih dahulu.

Mendinginkan makanan pada suhu ruangan sebelum dibekukan dapat mencegah pembusukan makanan. Selain itu, mendinginkan makanan pada suhu ruangan juga akan membuat makanan beku sempurna.

Jika langsung membekukan makanan yang baru dimasak, makanan bisa saja hanya beku di luarnya, tetapi di dalamnya gak beku.

4. Mengemasnya dalam kemasan tertutup dan kedap udara

Setelah makanan dingin pada suhu ruangan, kamu bisa langsung mengemasnya dengan kemasan khusus yang tertutup rapat dan kedap udara. Tujuannya untuk mencegah bakteri atau benda asing masuk ke dalam makanan. Makanan pun jadi lebih awet dan kualitasnya tetap terjaga.

Kamu bisa menggunakan plastik nylon kedap udara yang aman untuk produk konsumsi. beberapa jenis plastik ini antara lain plastik PE (Poly Ethyle) dan HDPE (High Density Polyethylene).

Plastik PE biasa digunakan untuk mengemas minuman atau cairan. Sedangkan, plastik HDPE biasanya antipanas, fleksibel, dan punya kekuatan tinggi.

5. Jangan lupa beri label dan tanggal

Setelah makanan dikemas, jangan lupa menambahkan label nama dan tanggal pengemasan. Tujuannya supaya mudah mengingat makanan yang kamu bekukan dan mudah mengetahui kelayakan makanan tersebut akan dikonsumsi.

Setelah itu, makanan bisa langsung dibekukan. Simpan makanan di area yang paling dingin di freezer. Suhu yang paling baik untuk menyimpan frozen food adalah pada suhu -18 derajat Celsius.

Nah, itulah cara membuat frozen food dan tips memasaknya. Kamu jadi punya stok makanan yang awet dengan kualitas baik. Selamat mempraktikkan!