Kuliner Dilengkapi dengan Kelapa Parut Enggak Cuma Urap Bersaudara

Kuliner di Lengkapi dengan Kelapa Parut Enggak Cuma Urap Bersaudara

Kuliner di Lengkapi dengan Kelapa Parut Enggak Cuma Urap Bersaudara– Kelapa parut lekat sekali dengan kue tradisional Indonesia. Kehadirannya sering di manfaatkan menjadi topping atau unti kelapa pada kue, misalnya klepon, jaje laklak, cenil, putu, dan masih banyak lainnya. Sedangkan pada kuliner non kudapan, kelapa parut identik dengan urap dan saudaranya seperti gudangan, trancam, atau kluban. Padahal, kuliner dilengkapi kelapa parut enggak cuma urap bersaudara.

Destinasi Indonesia

Buntil

Buntil merupakan kuliner yang mudah di jumpai di Yogyakarta dan beberapa daerah di Jawa Tengah dan di jadikan sebagai lauk buntil, umumnya terbuat dari daun pepaya yang di isi dengan campuran kelapa parut dan ikan teri. Makanan berkuah santan ini menyuguhkan cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Kelezatan buntil di bayang-bayangi pula oleh aroma terasi berpadu dengan kencur yang cukup menonjol sehingga menambah nafsu makan untuk menghabiskannya.

Docang

Pelesiran ke Cirebon, jangan hanya menikmati nasi jamblang, ada juga kenikmatan dari docang yang di lengkapi dengan taburan kelapa. Docang sendiri ialah kuliner kombinasi dari irisan lontong dan kuah terbuat dari dage, semacam oncom. Tak hanya kelapa parut, docang disempurnakan pula oleh kehadiran tauge serta daun singkong yang telah di rebus.

Empal serundeng

Bosan dengan olahan sapi yang berkuah atau rendang, ada empal serundeng yang bisa menghibur lidah. Serundeng sendiri terbuat dari kelapa parut yang di masak dengan bumbu hingga meresap sehingga menghasilkan tekstur kering dan empuk membuat empal goreng bisa di nikmati kapan pun, sehingga cocok sekali di jadikan lauk persediaan di rumah.

Nasu likku

Melansir dari http://andersonplanes.com/  ada yang masih asing dengan kuliner Nasu likku merupakan kuliner asal Sulawesi Selatan yang terbuat dari ayam kampung yang di masak dengan santan, kelapa serta lengkuas parut sehingga tekstur luarnya nampak kental atau tebal.

Palai bada

Bila di perhatikan sekilas, palai bada serupa dengan pepes namun memiliki ciri khas yang  cukup menonjol di mana kuliner asal Sumatera Barat ini terbuat dari ikan teri basah yang di balur dengan kelapa parut berbumbu rempah bukan di kukus, usai bahan baku di bungkus ke daun pisang, palai bada di masak dengan cara di bakar di atas bara api hingga matang.