Kuliner Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba – Soal makanan Anda tidak perlu khawatir karena umumnya hidangan khas Malaysia memiliki citarasa yang tidak jauh berbeda dari hidangan khas nusantara. Selain itu, harga makanan di Malaysia pun tidak terlalu mahal.

Kuliner menjadi salah satu cara untuk menarik para wisatawan untuk berlibur ke sebuah negara. Malaysia memiliki kuliner khas yang mempunyai ciri khas dan kelezatan yang unik. Apalagi rasa kuliner Malaysia tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Hanya saja lebih gurih dengan bumbu rempah yang terasa di lidah.

Seberapa sering kamu liburan ke Malaysia? Sudah mengujungi destinasi wisata yang mana saja? Pernah menikmati makanan khas Malaysia?

Faktanya, seperti halnya destinasi wisata yang ada di Malaysia, makanan khas yang dimiliki negara tetangga Indonesia itu juga melimpah. Ada banyak pilihan yang bisa dicoba dan tak boleh dilewatkan.

Nasi kucing Malaysia, nasi daun pisang

Di Malaysia tidak (atau lebih tepatnya “belum”) ada angkringan, tapi mereka sudah memiliki makanan khas yang mirip dengan sajian yang ada di angkringan, yaitu nasi daun pisang. Dalam satu bungkus nasi berukuran mini, kamu akan mendapati suwiran ayam atau daging ikan, sayur oseng dan sambal, mirip sekali dengan nasi kucing yang ada di angkringan. Dijamin satu bungkus tidak akan membuat kamu puas!

Nasi Lemak yang gurih

Nasi lemak terkenal sebagai makanan khas Malaysia. Nasinya terasa gurih karena dimasak bersama santan, sementara lauk pendampingnya beraneka ragam, mulai dari telur rebus, teri goreng, timun, kerupuk, ayam, kacang tanah dan sambal. Biasanya, menikmati nasi lemak paling pas adalah saat sarapan.

Kuliner perpaduan dua budaya ala asam laksa Penang

Asam laksa Penang merupakan makanan khas Malaysia, hasil perpaduan masakan Melayu dan Tionghoa. Terkenal karena memiliki cita rasa pedas yang segar, satu porsi laksa menyajikan kuah kental asam pedas yang menyelimuti bihun atau laksa dengan topping ikan makarel, selada, nanas, timun dan sambal cabai untuk pelengkap. Huh hah!

Sushi ala Malaysia, Umai

Jika Jepang memiliki sushi, Malaysia menawarkan umai. Daging ikan mentah yang segar, seperti ikan terubuk, parang, bawal putih, bawal hitam atau udang, disajikan setelah sebelumnya dihilangkan bau amisnya dengan merendam di jus limau kasturi. Setelahnya ikan dibaluri bumbu dari kombinasi bawang merah, bawang putih, cabai, garam dan penyedap. Umai paling pas dinikmati bersama sambal sebagai cocolan.

Palak paneer khas India

Dengan masyarakat yang heterogen, termasuk pendatang dari India, makanan khas Malaysia pun juga memiliki sentuhan khas India. Palak paneer adalah salah satunya. Sajian kuah sop berwarna hijau dari bayam segar, dengan rasa kari yang kuat dan tambahan keju susu kambing ini paling pas dinikmati bersama roti khas India, seperti chapatis atau bhaturas. Rasanya cukup mengesankan, lho!

Kwetiau Malaysia, char kway teow

Jika di Indonesia terkenal dengan sebutan kwetiau, maka di Malaysia menyebutnya char kway teow. Kuliner yang satu ini menyajikan mie tiau yang digoreng bersama telur, udang, daun kucai, sosis, bakso ikan dan tauge, plus bumbu seperti bawang putih, kecap manis, kecap ikan dan sambal sebagai penambah rasa. Yang membedakan char kway teow dengan kwetiau dari Indonesia adalah tambahan daging kepiting dalam sajiannya.