Kuliner Swedia Selain Swedish Meatball, Enaknya Bikin Kepayang!

Kuliner Swedia Selain Swedish Meatball, Enaknya Bikin Kepayang!

Kuliner Swedia Selain Swedish Meatball

Kuliner Swedia Selain Swedish Meatball – Salah satu makanan yang terlintas di pikiran kalian saat ditanya mengenai kuliner Swedia tentulah Swedish meatball kan? Sepiring bola-bola daging gurih nan empuk yang disajikan dengan saus gravy, lingonberry, dan mashed potato tersebut memang menggugah selera banget.

Baca juga : Destinasi Wisata Favorit Warga Swedia, Suasana Tentram

Kanelbullar

Kanelbullar adalah cinnamon roll Swedia yang seringkali dijadikan pendamping saat menikmati kopi. Terbuat dari adonan tepung, bubuk kapulaga, susu, gula, mentega, telur, dan ragi yang kemudian diisi dengan campuran bubuk kayu manis, gula, dan mentega.

Saking populernya, Swedia sampai-sampai menetapkan tanggal 4 Oktober sebagai hari kanelbullar atau lebih dikenal sebagai Kanelbullens Dag. Tak hanya Swedia, penduduk Finlandia pun bahkan ikut merayakan hari tersebut.

Semla

Semla adalah dessert berupa roti gandum yang diisi dengan whipped cream dan pasta almond serta diberi taburan gula halus. Sebagian orang menikmati semla dengan secangkir teh ataupun kopi, namun ada juga yang memakannya dengan cara mencelupkannya dalam susu hangat. Mana yang lebih enak, ya?

ostkaka

Ostkaka adalah cheesecake khas Swedia yang terbuat dari susu, krim, almond, dan telur. Meskipun disebut cheesecake, namun kue ini tidak benar-benar terbuat dari cream cheese seperti cheesecake pada umumnya, melainkan dari susu yang digumpalkan dengan rennet (sejenis enzim) sehingga membentuk curd.

Räksmörgås

Räksmörgås adalah open-sandwich khas Swedia yang terdiri selembar roti yang diberi topping berupa udang (dalam jumlah yang cukup banyak), sayuran, dan irisan telur. Sandwich juga diberi olesan mayones dan garnish berupa irisan lemon.

Kroppkaka

Kroppkaka merupakan hidangan tradisional khas Swedia berupa potato dumpling yang terbuat dari adonan tepung, kentang, dan telur yang diisi dengan jamur ataupun daging. Tak lupa, hidangan ini kemudian disajikan bersama krim, mentega, dan tentu saja, saus lingonberry yang segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *