Makanan ini Sering Muncul dalam Dorama Jepang, Pernah coba?

Makanan ini Sering Muncul dalam Dorama Jepang, Pernah coba?

Sering Muncul dalam Dorama Jepang, Pernah coba Makanan ini?

Makanan dalam Dorama Jepang – Di Jepang tayangan drama seri disebut dorama. Alur cerita dorama juga beragam, tidak melulu soal cinta, tetapi ada juga agen s128 terpercaya cerita persahabatan anak kecil, cerita tentang pekerjaan dan perihal mengenai kebaikan kecil yang ada di lingkungan sekitar.

Selain tentang cerita, salah satu yang menarik dari dorama adalah makanan. Ya, makanan yang terlihat dalam tayangan cukup mencerminkan budaya makan pada masyarakat Jepang secara umum.

Nah, ingin tahu sajian apa saja yang kerap muncul dalam tontonan dorama? Yuk simak.

1. Ramen

8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Ramen adalah sajian mi ala Jepang yang disiram kuah kaldu dan disajikan dalam mangkuk besar. Mi yang disajikan dalam mangkuk ramen terbuat dari tepung gandum, garam, air dan kansui (air alkalin).

Kuah (soup) ramen biasanya berasal dari kaldu ayam, ikan, daging atau tulang babi, namun saat ini telah banyak dijual ramen dengan bahan dasar soup terbuat dari sayuran seperti jamur shiitake, bawang bombay, konbu (kelp, sejenis alga kering) dan lainnya.

Bahan bumbu ramen didapat dari miso (fermentasi pasta kedelai) dan soy sauce. Mi ramen yang telah matang, disiram kuah kemudian diberi topping irisan daging babi, rumput laut kering (nori), telur rebus dan daun bawang.

Cara penyajian dan topping dapat berbeda pada setiap daerah, karena masing-masing daerah di Jepang memiliki variasi sajian ramen yang beragam.

2. Udon

8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Udon adalah mi berjenis tebal yang dibuat dari tepung gandum dan air. Disajikan dengan kuah (soup) yang terbuat dari dashi (kaldu dari serutan ikan kering dan konbu), soy sauce dan mirin.

Dapat divariasikan dengan berbagai macam topping, seperti tempura atau kakiage. Dengan tambahan tempura disebut tempura udon dan udon yang dimakan dengan kakiage dikenal dengan kakiage udon.

3. Soba

8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Soba adalah mi berjenis tipis yang terbuat dari tepung buckwheat atau kombinasi antara buckwheat dan wheat flour. Dalam penyajianya Soba tidak menggunakan kuah, tetapi menggunakan saus celup (dipping sauce) yaitu tsuyu.

Pada musim dingin, soba dapat dihidangkan dalam keadaan panas, sedangkan saat mmusim panas, soba bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Disajikan dengan tatakan yang terbuat dari susunan bambu yang disebut zaru. Topping yang biasa digunakan adalah nori, parutan lobak atau bahan makanan yang sedang panen pada musimnya.

4. Sushi

8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Siapa tidak kenal sushi? Ya, selain ramen, sushi adalah makanan Jepang yang populer di berbagai negara.

Bahan utama sushi adalah nasi yang telah diberi cuka beras, sedikit gula dan garam lalu di kepal kecil-kecil kemudian diberi tambahan seperti irisan seafood atau telur ikan.

Tidak hanya berbentuk kepalan kecil dengan seafood tetapi ada juga sushi berbentuk gulungan yang kemudian dipotong-potong yang disebut makizushi. Makizushi atau sushi roll umumnya berisi potongan timun, telur dadar, mayonaise dan wortel yang telah direbus sebentar agar lunak.

Sushi disajikan dengan soy sauce, acar jahe atau wasabi parut. Nah, disini siapa yang makan sushi dengan serbuk cabe?

Baca juga: 5 Jenis Lalapan yang Bisa Jaga Daya Tahan Tubuh

5. Nabe

8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Nabe dalam bahasa Jepang berarti panci, jadi nabe adalah masakan yang direbus menggunakan panci. Panci nabe biasanya disusun di atas kompor portable diatas meja makan dan dinikmati bersama anggota keluarga atau kerabat saat musim dingin.

Kuah nabe biasanya ringan dan terbuat dari konbu, dashi, soy sauce atau miso. Isi panci nabe bermacam-macam seperti jamur, sawi, tahu, lobak, kubis, ayam, bakso, seafood atau sayuran yang musim pada saat itu.

6. Shabu-shabu

8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Shabu-shabu termasuk ke dalam jenis nabe. Di dalam panci shabu-shabu berisi air kaldu dashi.

Cara memasak shabu-shabu yaitu daging yang telah diiris tipis dicelupkan ke dalam panci berisi kaldu mendidih kemudian tunggu hingga daging berubah warna (kematangannya disesuaikan dengan selera masing-masing).

Sebelum dimakan, celupkan daging ke dalam dipping sauce. Ada dua macam saus celup yang dapat digunakan yaitu ponzu (soy sauce dan citrus) serta goma-tare (saus wijen).

7. Kare Raisu

8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

Kare raisu adalah nasi kare, berasal dari kata ‘kare’ yang berarti ‘kari’ dan ‘raisu’ yang diadopsi dari bahasa Inggris ‘rice’ yang artinya nasi. Di Indonesia terdapat makanan serupa dengan nama kari.

Di Jepang Kare berisi potongan bawang bombay, kentang, wortel dan daging (ayam, sapi, babi). Perbedaan dengan kari Indonesia, kuah kare Jepang tidak cair melainkan kental. Kuah ini terbuat dari bumbu kare, tepung dan sedikit minyak, namun masakan kare rumahan di Jepang sering menggunakan bubuk kare instan (curry roux).

Nah, itu tadi delapan makanan yang sering muncul dalam dorama Jepang, ada favoritmu?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *