Tips Memasak Se'i Babi atau Sapi yang Nikmat

Tips Memasak Se’i Babi atau Sapi yang Nikmat

Tips Memasak Se’i Babi atau Sapi yang Nikmat

Tips Memasak Se’i Babi atau Sapi yang Nikmat, – Se’i merupakan produk olahan daging yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Belakangan ini, makanan yang dibuat dari daging babi atau sapi ini juga mulai populer di beberapa daerah di Indonesia.

Se’i babi atau sapi dianggap memiliki rasa yang sangat khas dan tekstur daging yang empuk. Namun, di balik kelezatan daging se’i, ada proses panjang dalam pembuatannya.

Cara memasak se’i adalah dengan cara diasapi. Awalnya, daging tersebut dipotong tipis dan memanjang. Lalu, diasapi dengan asap kayu bakar dengan jarak dan waktu tertentu.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba membuat se’i sapi atau se’i babi, ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Simak di bawah ini ya!

1. Memilih daging yang tepat

Memilih bagian daging yang tepat tentunya akan sangat berpengaruh pada hasil masakan. Untuk membuat se’i, disarankan menggunakan daging bagian has dalam. Penggunaan daging bagian has ditujukan supaya hasilnya lebih empuk dan mudah diolah.

2. Memotong daging tipis-tipis dan memanjang

Cara memotong daging untuk se’i adalah diiris tipis memanjang. Daging disarankan diiris selebar kurang lebih dua jari, dengan tebal kurang lebih tiga sentimeter, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

3. Mengiris dengan arah serat melintang

Saat mengiris daging, disarankan mengiris dengan arah serat melintang. Tujuannya supaya daging nantinya tidak keras, lembut, dan mudah dikunyah.

4. Mencampur daging dengan daun pepaya

Cara lain agar daging menjadi lebih empuk adalah dicampur daun pepaya. Sebelum diasapi, daging yang sudah dipotong dicampur dengan daun papaya, supaya serat-serat daging patah dan menjadi lebih lunak.

5. Mengatur jarak yang tepat saat proses pengasapan

Daging se’i dimasak dengan cara diasapi. Bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Oleh karena itu, kayu bakar yang digunakan jangan sampai mengeluarkan nyala api.

Jarak pengasapan juga perlu diperhatikan jika ingin menghasilkan se’i yang lezat. Disarankan jarak antara daging dengan kayu bakar adalah sekitar 30 sentimeter.

6. Menggunakan kayu kosambi sebagai kayu bakar

Di NTT, kayu bakar yang digunakan untuk mengasapi daging se’i lazimnya terbuat dari kayu kosambi (schleisera oleosa). Aroma asap dari kayu pohon kosambi akan membuat cita rasa daging se’i menjadi sangat khas.

7. Ditutupi daun kosambi saat pengasapan

Untuk membuatnya lebih harum, biasanya bagian atas daging ditutup dengan daun-daun kosambi untuk menahan asap. Daun kosambi juga membuat aromanya semakin menyerap dan lezat.

8. Bisa tahan lama dan bisa diolah kembali

Daging se’i yang sudah jadi bisa tahan dalam jangka waktu yang lama. Daging se’i bisa disimpan untuk diolah lagi menjadi beragam masakan yang lezat, seperti se’i rica-rica atau se’i sambal matah.

Se’i juga sangat nikmat jika ingin langsung disantap. Sayur daun singkong atau daun pepaya dan juga sambal luat khas NTT adalah pelengkap terbaik olahan se’i.

***

Nah, itulah tips memasak se’i babi atau se’i khas Nusa Tenggara Timur. Dijamin makin enak, nikmat dan bikin kalap!