Tips Mengolah Buntut Sapi Agar Empuk dan Lezat

Tips Mengolah Buntut Sapi Agar Empuk dan Lezat

Tips Mengolah Buntut Sapi Agar Empuk dan Lezat

Tips Mengolah Buntut Sapi Agar Empuk dan Lezat, – Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Misalnya sate, tongseng, hingga sop buntut.

Namun, masih jarang orang mengolahnya jadi sop buntut karena menganggapnya sulit. Sebenarnya gak juga. Kamu  bisa menerapkan beberapa tips merebus buntut sapi berikut ini untuk mendapatkan kualitas rasa dan tekstur terbaik.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips mengolah buntut sapi agar empuk, berikut lima daftarnya.

1. Memilih buntut sapi berkualitas

Sama seperti halnya memilih bagian dari daging sapi yang lain, kamu harus pula memerhatikan kualitas dari buntut sapi yang akan kita pilih. Kamu dapat memerhatikan dari segi tekstur, aroma, serta kesegarannya.

Dikutip oleh http://www.premier-limos.com, memilih buntut sapi dengan kualitas baik sudah tentu akan memberikan hasil yang baik pula nantinya.

2. Cuci dengan air mengalir dan air panas

Untuk proses pembersihannya, kamu dapat menggunakan air biasa dan air panas. Pertama-tama kamu dapat menggunakan air mengalir, namun selanjutnya dapat menggunakan air panas. Fungsinya adalah untuk membantu proses pengempukkan nantinya.

3. Hilangkan lemak pada buntut sapi

Bagian lemak memang menjadi hal yang sangat banyak orang hindari dalam mengolah buntut. Biasanya lemak-lemak yang menempel akan membuat tekstur buntut sapi cenderung alot dan beraroma tak sedap. Oleh sebab itu, bersihkan dengan tepat dan bilas kembali dengan air mengalir.

4. Merebus tak hanya sekali

Buntut sapi memang telah terkenal memiliki tekstur yang alot sehingga proses pengolahannya pun harus tepat. Pada proses perebusan, kamu tak hanya dapat merebusnya sekali, namun bisa dua atau tiga kali sesuai dengan banyaknya porsi buntut sapi. Jangan lupa untuk mengganti air rebusan agar tetap bagus kualitas buntutnya nanti.

5. Jangan lupa menambahkan rempah

Sama halnya ketika memasak menu-menu lain, kamu juga tak boleh melewatkan tambahan rempah ke dalamnya. Beberapa rempah seperti pala, cengkeh, bawang putih, kayu manis, dan lain sebagainya dapat kamu tambahan pada rebusan buntut sapi. Fungsinya adalah untuk memberikan aroma dan cita rasa pada rebusan buntut sapimu.

***

Nah, itulah beberapa tips mengolah buntut sapi agar empuk dan anti gagal. Mudah dipraktikkan di rumah, bukan?