Tips Mengolah Gurita yang Tepat!

Tips Mengolah Gurita yang Tepat!

Tips Mengolah Gurita yang Tepat!

Tips Mengolah Gurita yang Tepat – Gurita atau octopus merupakan jenis hewan moluska yang berhabitat di terumbu karang samudra. Hewan bertentakel ini memang memiliki keunikan tersendiri dari bagian tubuhnya karena hampir seluruh tubuhnya merupakan otot dan tidak memiliki tulang.

Ciri fisik dari gurita ini lah yang membuatnya menjadi salah satu hewan paling dicari untuk kemudian dikonsumsi sebagai hidangan lezat.

Oleh sebab itu, proses pengolahannya pun harus tepat dan sesuai agar gurita tak alot lagi.
Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja tips dalam mengolah gurita, berikut daftarnya.

1. Diamkan gurita beku sesaat

Ketika kamu membeli gurita, biasanya ada yang masih segar dan ada pula yang dijual dalam keadaan beku. Bila kamu membeli secara segar, maka kamu dapat langsung membersihkannya. Namun, apabila kamu membeli dalam keadaan beku, maka keluarkan gurita dan diamkan sesaat agar nantinya gurita lebih mudah diolah.

2. Mencuci gurita di bawah air mengalir

Sama halnya ketika mengolah beragam jenis olahan seafood, kamu perlu mencucinya atau membersihkannya di bawah air mengalir. Bersihkan selaput-selaput lembut yang ada pada tubuh gurita. Setelah itu, pastikan tak ada kotoran yang menempel pada gurita.

3. Memotong gurita sesuai selera

Proses pemotongan gurita dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Kamu dapat mengolah gurita secara utuh atau pun memotongnya sesuai selera. Biasanya cara memotong gurita adalah dengan memisahkan bagian tentakel dan kepala. Selain itu, kamu dapat pula memotong kecil-kecil seluruh bagian gurita.

4. Jangan lewatkan bagian isi kepala gurita

Gurita memiliki bagian di dalam kepalanya yang harus kamu bersihkan sebelum diolah. Isi kepala tersebut sedikit sulit untuk dibersihkan sehingga harus ekstra hati-hati pada proses pembersihan tersebut. Setelah selesai, kamu dapat melanjutkan proses pembersihan.

5. Lanjutkan proses pengolahan

Setelah semua proses pembersihan selesai, kamu dapat melanjutkan proses pengolahan. Untuk pengolahan dapat dengan cara perebusan, pemanggangan, pembakaran, dan lain sebagainya. Sudah tentu untuk langkah yang satu ini bersifat opsional sebab tergantung kepada menu apa yang akan kamu buat.

***

Nah, itu lah beberapa tips mengolah gurita agar tak alot dan tentunya lezat. Mudah dilakukan, bukan?