Wisata Pantai Sadranan Yogyakarta, Rute dan Harga!

Wisata Pantai Sadranan Yogyakarta

Wisata Pantai Sadranan Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budayanya, melainkan juga alamnya yang indah. Sebut saja seperti Pantai Sadranan.

Baca juga : Destinasi Wisata Alam Liar Terindah yang Ada di Dunia, Tertarik?

Pantai ini punya hamparan pasir putih dengan pemandangan bukit kecil di tengah lautan yang begitu menarik. Gak cuma itu, birunya laut semakin menambahkan ketenangan jiwa.

Nah, sebelum ke sana, simak informasi dari IDN Times tentang ulasan tempat wisata Pantai Sadranan Yogyakarta, mulai dari rute perjalanan lokasinya, harga tiket masuk, dan tipsnya berikut ini!

Lokasi, Jam Operasional, dan Tiket

Lokasi: Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp10 ribu

Rute

Kota Yogyakarta-Wonosari-Pantai Baron-Pantai Krakal-Pantai Sadranan
Kota Yogyakarta-Imogiri-Panggang-Pantai Sadranan

Asal Usul Nama

Nama Sadranan berasal dari kata Nyadran, yang berarti ritual sedekah laut untuk menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Biasanya ritual ini dilakukan oleh para nelayan sebagai rasa terima kasih, karena diberikan tangkapan ikan berlimpah.

Ritual Nyadran atau sedekah laut diawali dengan mendoakan tumpeng sesaji ritual. Setelah itu, tumpeng sesaji tersebut dilarung ke tengah laut. Rangkaian acara tidak hanya berhenti sampai di situ. Ada acara makan bersama, hiburan campursari, pagelaran wayang kulit, dan lain-lain.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Snorkeling menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Keindahan bawah lautnya tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Jenis ikan dan terumbu karangnya sangat beragam dan banyak banget. Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dengan harga Rp50 ribu selama dua jam.

Cantiknya sunrise dan sunset juga bisa kamu nikmati di Pantai Sadranan. Belum afdal kalau tidak mengabadikan momen indah ini. Hamparan pasir putih yang indah ini sangat pas dipadukan dengan pemandangan cahaya matahari. Dijamin keren!

Menyewa perahu seharga Rp50 ribu per jam jadi alternatif kegiatan lainnya. Kamu akan disajikan pemandangan hamparan laut membiru dengan ombak tenang yang menenangkan. Sensasi mendayung perahu dijamin bikin pengalaman kamu semakin mengesankan.

Sekadar bersantai sambil tiduran di bawah payung pantai juga harus kamu cobain di sini. Kamu yang tidak suka terlalu banyak melakukan kegiatan, bisa hanya bersantai menikmati fasilitas sekitar. Untuk menyewa payung pantai beserta alasnya, harganya Rp25 ribu.

Buat kamu yang suka camping, Pantai Sadranan menyediakan tempat untuk berkemah. Bermalam di tepi pantai bisa jadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Kamu bisa menikmati keindahan bintang-bintang di malam hari sembari tiduran di dalam tenda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *